Berbasis Elektronik
Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan, maka unit penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan pelayanan. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan survei kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan dengan mengukur kepuasan masyarakat pengguna layanan.
MANFAAT SURVEI
Melalui survei kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik, diperoleh manfaat, antara lain:
TUJUAN SURVEI
Dengan demikian melalui survei kepuasan masyarakat ini, diharapkan :
PRINSIP SURVEI KEPUASAN
Prinsip pelaksanaan survei kepuasan masyarakat :
UNSUR-UNSUR SURVEI KEPUASAN
Unsur-unsur survei kepuasan masyarakat, meliputi :
METODE PENGUKURAN SURVEI KEPUASAN
Desain bentuk jawaban dalam setiap pertanyaan unsur pelayanan dalam kuesioner, berupa jawaban pertanyaan pilihan berganda. Bentuk pilihan jawaban pertanyaan kuesioner bersifat kualitatif untuk mencerminkan tingkat kualitas pelayanan. Tingkat kualitas pelayanan dimulai dari sangat baik/puas sampai dengan tidak baik/puas. Pembagian jawaban dibagi dalam 4 (empat) kategori, yaitu:
Setiap pertanyaan survei masing-masing unsur diberi nilai dengan pengukuran Skala Likert. Untuk memudahkan interpretasi terhadap penilaian survei yaitu antara 25 – 100, maka hasil penilaian tersebut di atas dikonversikan dengan nilai dasar 25.
Nilai Persepsi, Nilai Interval, Nilai Interval Konversi, Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan, yaitu sebagai berikut :
Nilai Persepsi |
Nilai Interval |
Nilai Interval Konversi |
Mutu Pelayanan |
Kinerja Unit Pelayanan |
1 |
1,00 – 2,5996 |
25,00 – 64,99 |
D |
Tidak Baik |
2 |
2,60 – 3,064 |
65,00 – 76,60 |
C |
Kurang Baik |
3 |
4,0644 – 3,532 |
76,61 – 88.30 |
B |
Baik |
4 |
3,5324 – 4,00 |
88,31 - 100 |
A |
Sangat Baik |
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada pelaksanaan survei kepuasan pelayanan publik dipandang perlu untuk efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas penyelenggaraan survei kepuasan masyarakat atas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh unit-unit pelayanan pada perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar. Masyarakat akan lebih mudah memberikan penilaian pada setiap jenis layanan publik yang diterimanya, pada sisi lain, unit-unit pelayanan akan lebih mudah dan cepat memperoleh respon atas layanan yang diberikan terutama pada saat pengukuran tingkat kepuasan masyarakat serta Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar akan dengan mudah, cepat dan terukur memperoleh gambaran secara lengkap tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan publik yang diterima masyarakat.
Mari Bersama, optimalkan pelaksanaan surveI kepuasan pelayanan publik,
untuk Polewali Mandar, BERSIH MELAYANI.